CARA MUDAH AGAR REJEKI MELIMPAH

Bersyukur, ya kalimat bersyukur mungkin banyak kita jumpai, mungkin juga dari teman teman sudah banyak yang mengetahui arti dan makna bersyukur apa dan seperti apa.

Mungkin mudah mengucap syukur ataupun mengucap Alhamdulillah tapi mengaplikasikan dari rasa syukur itu apa semudah itu tentunya syukur tidak hanya di lisan saja.

Dalam kitab Abyanal khawaij karangan Syaikh H.Ahmad Rifa’i jilid 5 bab tashowuf dijelaskan bahwa orang yang bersyukur adalah orang yang sudah memenuhi tiga perkara.yaitu;

  1. Mengetahui nikmat Alloh
  2. Memuji Alloh dengan ALHAMDULILLAH
  3. Menggunakan nikmat yg telah Alloh berikan untuk menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya

Alloh berfirman dalam surat Al-Mu’minun ayat 78 :

وَهُوَ الَّذِي أَنشَأَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ قَلِيلًا مَّا تَشْكُرُونَ

“Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamusekalian, pendengaran, penglihatan dan hati. Amatsedikitlah kamu bersyukur”.
Ayat di atas menerangkan bahwa banyak sekali manusia yg belum bisa mensyukuri nikmat Alloh yg telah diberikan kepada mereka. seperti halnya kesempurnaan anggota badan kita,keimanan kita itu semua anugerah yg telah Alloh berikan kepada kita,namun masih banyak di antara kita yang belum bisa menggunakannya untuk hal kebaikan. karena kita belum menyadari bahwa manusia adalah mahluk yang sempurna.
Jika saja kita menyadari bahwa Alloh telah memberi kesempurnaan kepada kita,dan kita mau bersyukur menerima apa adanya ,kemudian  kita berusaha untuk taat menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya,maka kita akan mendapatkan nikmat yang paling sempurna dunia dan ahirat kelak.
seperti di jelaskan Ulama dalam kitab Abyanal hawaij jilid 5 :

من تمام النعمة ان يرزقك ما يكفيك ويمنعك ما يطغيك

“Bagian dari sempurnanya nikmat adalah jika ALLAH memberikan rizki yang mencukupi kamu dan mencegah kamu dari hal yang menyesatkan”.

bukan berarti karna sudah merasa cukup membuat kita hanya berpangku tangan dan tidak mau berusaha untuk mencari dan menambah rizki agar hidup kita menjadi lebih baik dan lebih berguna untuk dunia dan dapat menjadi penolong di ahirat kita kelak. dan pastinya agar kita lebih nyaman dan leluasa  dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala.

dalam Qs Al-Anfal ayat 53 pun di jelaskan  :

ذَلِكَ بِأَنَّ اللّهَ لَمْ يَكُ مُغَيِّرًا نِّعْمَةً أَنْعَمَهَا عَلَى قَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنفُسِهِمْ وَأَنَّ اللّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Yang demikian (siksaan) itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubahsesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepadasesuatu kaum, hingga kaum itu merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri, dan sesungguhnya Allah MahaMendengar lagi Maha Mengetahui”.

Begitu jelas kiranya surat diatas agar kita selalu berusaha menggapai rizki dan tidak mengikuti jalan orang orang yang sesat menyesatkan, semoga semua aktivitas yang  kita jalani adalah ibadah dan tentunya kita selalu mengharap rizki yang di ridhoi oleh Allah.

 

Sumber : http://tanbihun.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s